• LOGIN
  • No products in the cart.

Cara mudah belajar otomasi industri bagi Anda yang sibuk

Bagaimana caranya belajar otomasi industri di sela – sela kesibukanku?

Pertanyaan di atas mungkin tidak relevan jika Anda adalah mahasiswa (atau alumni) dari jurusan tertentu yang memiliki mata kuliah terkait otomasi industri dan dilengkapi dengan laboratorium yang representatif. Anda bisa langsung belajar melalui perkuliahan dan praktikum atau terlibat dalam proyek penelitian yang relevan.

Namun tidak demikian jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, namun “harus mempelajari otomasi industri karena tuntutan karier dan pekerjaan. Dalam kasus seperti ini, umumnya solusinya ialah

  1. Belajar mandiri dari buku dan bahan – bahan dari internet
  2. Mengikuti pelatihan otomasi industri di kampus atau training provider lainnya

Kendala untuk mempelajari otomasi industri

Belajar mandiri dari buku ialah cara yang paling murah dan ideal jika Anda memiliki banyak waktu dan latar belakang pengetahuan yang cukup. Biasanya mahasiswa atau alumni yang belum bekerja full time masuk dalam kategori ini. Saya telah menulis beberapa buku tentang otomasi yang cocok untuk dipelajari oleh orang – orang dalam kategori ini.

Namun demikian, tidak semua orang punya banyak waktu luang dan latar belakang keilmuan yang cukup. Para staf perusahaan yang bekerja penuh waktu (bahkan dalam sistem shift) dan sudah berkeluarga biasanya masuk dalam kategori ini. Dalam kasus mereka, mengikuti pelatihan otomasi secara langsung (misalnya melalui pelatihan di kampus UK Petra, Industrial Automation Training Center) menjadi solusi yang paling efektif. Belajar langsung dari orang lain ialah cara belajar paling efektif, karena Anda bisa menanyakan apa saja ke ahlinyaNamun demikian, pelatihan jenis ini tidaklah murah (jutaan rupiah) dan menyita waktu – energi karena Anda harus hadir di tempat pelatihan setiap hari.

Bagaimana dengan kategori orang ke tiga: orang yang harus mempelajari otomasi industri namun memiliki budget terbatas (karena mungkin harus merogoh kocek sendiri) dan waktu yang sempit (karena alasan pekerjaan dan keluarga)?

LearnAutomation – pelatihan online di bidang otomasi

Kami mengusulkan solusi online training yang terjangkau dan terpercaya untuk mempelajari otomasi industri melalui “learnautomation.web.id“.

Berikut ini keuntungan dari online training dibanding pelatihan tradisional:

  • Biaya pelatihan lebih murah dari pada pelatihan fisik, hanya membutuhkan biaya akses internet saja
  • Tanpa biaya akomodasi dan transportasi
  • Tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk hadir di tempat pelatihan, karena pelatihan bisa dilakukan di mana saja asalkan ada sambungan internet
  • Waktu pelatihan fleksibel, mengikuti jadwal peserta ajar

Sedang keunggulan “learnautomation.web.id” sebagai provider ialah:

  • Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam menyelenggarakan pelatihan otomasi industri untuk peserta dari seluruh Indonesia
  • Peserta mendapatkan access ke video – video pelatihan
  • Peserta memperoleh slide presentasi (dalam format outline) dan program PLC/SCADA untuk belajar mandiri

Di sisi lain,  kelemahan dari pelatihan online secara umum ialah:

  • Interaksi dengan trainer terbatas
  • Tidak dapat mengakses peralatan otomasi secara langsung

Keterbatasan interaksi dengan trainer dapat ditambah dengan percakapan online melalui forum diskusi atau video call* (sesuai program). Sedang kendala di poin ke 2 membuat kami membatasi pelatihan online hanya pada aspek pemrograman saja dengan memanfaatkan software yang gratis atau murah sehingga peserta bisa memprogram sendiri dimanapun dia berada.

Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan informasi voucher pelatihan online gratis ataupun potongan harga!

Disclaimer: posting ini pertama kali saya publish di “learnautomation.wordpress.com”, berisi penawaran produk pelatihan online kami melalui “learnautomation.web.id”

July 16, 2019

0 responses on "Cara mudah belajar otomasi industri bagi Anda yang sibuk"

Leave a Message

Your email address will not be published.

X